Tentang BAGUNA oleh ANGELINE FREMALCO, SH

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) sebagai organisasi badan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Baguna bergerak dalam bidang kemanusiaan.  Ketika Baguna menolong rakyat yang jadi korban bencana, maka kita tak akan pernah bedakan rakyat dari jenis apa pun termasuk dari partai mana pun. Semua akan ditolong karena itu jadi alat kemanusiaan kita. Baguna harus menjalankan “dedication of life” yang dibangun oleh Bung Karno. Yakni mengabdi pada bangsa dan Tanah Air Indonesia, dengan rasa cinta yang berkobar-kobar.

“Artinya Baguna punya semangat yang berkobar-kobar. Kita tak ingin menjadi bangsa yang tenang-tenang saja. Tapi Indonesia harus jadi bangsa yang besar dan siap jatuh bangun untuk menjadi bangsa yang besar.” Semua anggota Baguna harus dengan penuh daya juang bekerja menolong rakyat karena mengemban misi Pancasila, khususnya gorong royong. Yang kuat membantu yang lemah. Prinsip inilah yang harus dipegang dengan baik oleh Baguna.

“Pesan Ibu Megawati selaku Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, kita tak membedakan daerah yang dibantu, bukan harus basis kita dan tak boleh membedakan latar belakang agama atau kaya tidaknya warga yang terkena bencana. Spirit kita, ketika rakyat jadi korban, disitulah panggilan pengabdian Baguna diabdikan. Baguna takkan membeda-bedakan rakyat dan harus menyatu dengan rakyat. Jiwa pengabdian Baguna di luar kalkulasi politik, namun sebuah pergerakan mata hati kemanusiaan kita untuk bersama dengan rakyat.

Baguna PDI Perjuangan sudah bekerja sama dengan Basarnas dalam melatih anggota Baguna. Nantinya, PDI Perjuangan akan membentuk batalion khusus di Baguna, yang akan siap diterjunkan ke seluruh wilayah di Indonesia, yang akan disinergikan dengan Basarnas.

Baguna akan disiapkan sebagai SDM yang andal, cepat, tanggap, cekatan, dalam menangani bencana, baik itu banjir, gunung meletus, longsor. Secara bertahap kita siapkan infrastruktur dasar, yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan awal di setiap bencana. Seperti perahu karet, peralatan kesehatan, dan lainnya. Negara ini tak bisa menghindar dari bencana. Karenanya, Baguna PDI Perjuangan ingin terlibat langsung bersama rakyat menjadikan bencana sebagai sahabat. Artinya, dengan menjadi sahabat bencana yang tak bisa dihindari, maka yang paling mungkin adalah mengantisipasinya.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *