Maju di Pileg 2019, Angeline Fremalco Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Pedalaman

PONTIANAK, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Kalbar, Angeline Fremalco maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) 2019. Pertama kalinya bertarung di Pileg, Angelina akan maju ke DPRD Provinsi dari daerah pemilihan (dapil) Kalbar 5, Kabupaten Landak.

Meski sebagai pendatang baru di pemilihan umum legislatif, bukan berarti Angeline baru di dunia politik. Menjabat sebagai Kepala Baguna yang merupakan sayap organisasi PDIP, pengetahuannya tentang politik sudah sangat terasah.

“Ini sudah bukan hal baru walaupun ini pertama kali saya mendaftarkan diri sebagai calon legislatif, tetapi dunia politik adalah suatu hal yang tidak asing bagi saya. Jadi saya rasa untuk persiapan-persiapan itu tidak ada persiapan khusus, berjalan sebagamana adanya saja,” ujar Angeline kepada wartawan di Kantor KPU Kalbar, Pontianak, Selasa (17/7/2018) malam.

Tidak hanya di Baguna, putri kedua dari Gubernur Kalbar dua periode, Cornelis, ini juga aktif di organisasi Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) sebagai Ketua DPD KPPI Kalbar. Gender menjadi salah satu isu penting yang ia perjuangkan, terlebih lagi jika dirinya terpilih menjadi anggota legislatif nantinya.

“Jadi ini memang adalah salah satu bentuk keseriusan saya dalam meningkatkan keterpilihan perempuan-perempuan di Kalimantan Barat,” kata Angeline.

Selain gender, Angeline juga fokus memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pedalaman yang ada di Kalbar. Kerap blusukan ke daerah-daerah yang sulit diakses, ia mengakui bahwa selama dua periode Cornelis-Christiandy Sanjaya memimpin, ada perubahan yang sangat signifikan untuk daerah Kalbar ini.

Namun, kata dia, keberhasilan Cornelis-Christiandy Sanjaya harus terus dikawal. Dan dirinya berkomitmen mengawal itu terutama untuk daerah pedalaman, melalui parlemen jika terpilih nanti.

“Terkait infrastruktur, pendidikan dan lain sebagainya itu. Nah di sini tentunya kapasitas saya sebagai calon legislatif di dapil Landak. Jadi tentunya apa yang disampaikan keluhan masyarakat tentunya akan kita tampung, tapi memang pada dasarnya yang paling utama itu terkait infrastruktur dan pendidikan,” katanya.

Angeline optimis bisa meraih kursi di DPRD Provinsi Kalbar pada Pileg 2019 mendatang.

“Optimis harus, wajib. Setiap orang yang mencalonkan diri tentunya harus punya rasa percaya diri. Tanpa rasa percaya diri, bagaimana mau berjuang dan meyakinkan orang,” ucapnya.

Mengenai target peroleh suara untuk memperebutkan alokasi 5 kursi di dapil Kalbar 5, Angeline menargetkan meraih suara sebanyak-banyak. Hal terpenting bagi dia dalam pemilihan adalah bekerja untuk partai. Karena kerja keras tidak membohongi hasil yang akan dicapai.

“Targetnya target duduk pokoknya. Sebanyak-banyaknya. Yang penting kita kumpulkan suara untuk PDI Perjuangan sebanyak-banyaknya. Masalah siapa yang duduk siapa yang tidak, saya bekerja untuk partai itu yang utama,” tutur Angeline.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *