BAGUNA PDI Perjuangan KALBAR

Badan pdi perjuangan kalbar

TENTANG BAGUNA

BAGUNA adalah Badan Penanggulangan Bencana partai PDI Perjuangan sebagai badan atau alat perjuangan partai dibidang kemanusiaan. Mengingat rangkaian peristiwa bencana yang disebabkan oleh alam, manusia atau keduanya yang mengakibatkan kerugian harta benda dan penderitaan. Maka, PDI Perjuangan membentuk badan penanggulangan bencana untuk membantu meringankan konban bencana alam.

ANGELINE FREMALCO, SH
KEPALA BAGUNA
PDI Perjuangan
Provinsi Kalimantan Barat

 

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) sebagai organisasi badan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Baguna bergerak dalam bidang kemanusiaan.  Ketika Baguna menolong rakyat yang jadi korban bencana, maka kita tak akan pernah bedakan rakyat dari jenis apa pun termasuk dari partai mana pun. Semua akan ditolong karena itu jadi alat kemanusiaan kita. Baguna harus menjalankan “dedication of life” yang dibangun oleh Bung Karno. Yakni mengabdi pada bangsa dan Tanah Air Indonesia, dengan rasa cinta yang berkobar-kobar.

“Artinya Baguna punya semangat yang berkobar-kobar. Kita tak ingin menjadi bangsa yang tenang-tenang saja. Tapi Indonesia harus jadi bangsa yang besar dan siap jatuh bangun untuk menjadi bangsa yang besar.” Semua anggota Baguna harus dengan penuh daya juang bekerja menolong rakyat karena mengemban misi Pancasila, khususnya gorong royong. Yang kuat membantu yang lemah. Prinsip inilah yang harus dipegang dengan baik oleh Baguna.

“Pesan Ibu Megawati selaku Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, kita tak membedakan daerah yang dibantu, bukan harus basis kita dan tak boleh membedakan latar belakang agama atau kaya tidaknya warga yang terkena bencana. Spirit kita, ketika rakyat jadi korban, disitulah panggilan pengabdian Baguna diabdikan. Baguna takkan membeda-bedakan rakyat dan harus menyatu dengan rakyat. Jiwa pengabdian Baguna di luar kalkulasi politik, namun sebuah pergerakan mata hati kemanusiaan kita untuk bersama dengan rakyat.

Baguna PDI Perjuangan sudah bekerja sama dengan Basarnas dalam melatih anggota Baguna. Nantinya, PDI Perjuangan akan membentuk batalion khusus di Baguna, yang akan siap diterjunkan ke seluruh wilayah di Indonesia, yang akan disinergikan dengan Basarnas.

Baguna akan disiapkan sebagai SDM yang andal, cepat, tanggap, cekatan, dalam menangani bencana, baik itu banjir, gunung meletus, longsor. Secara bertahap kita siapkan infrastruktur dasar, yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan awal di setiap bencana. Seperti perahu karet, peralatan kesehatan, dan lainnya. Negara ini tak bisa menghindar dari bencana. Karenanya, Baguna PDI Perjuangan ingin terlibat langsung bersama rakyat menjadikan bencana sebagai sahabat. Artinya, dengan menjadi sahabat bencana yang tak bisa dihindari, maka yang paling mungkin adalah mengantisipasinya.

BAGUNA KALBAR

BAGUNA PDI Perjuangan provinsi Kalimantan Barat (Selanjutnya disebut BAGUNA KALABAR) merupakan cabang dari BAGUNA DPP PDI Perjuangan. Status BAGUNA KALBAR merupakan alat kelengkapan partai yang dibentuk sesuai pasal 42 dan 48 anggaran dasar dan pasal 32 ART PDI Perjuangan. BAGUNA KALBAR dibentuk untuk membantu DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat menjalankan tugas dan fungsinya supaya tercapai tujuan, fungsi, tugas dan program perjuangan partai. 

Tugas utama BAGUNA KALBAR adalah :

1. Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan mitigasi (Tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengurangi bahaya bencana sebelum terjadinya bencana), membantu dan menaggulangan  bencana alam, bencana sosial, kebakaran, konflik sosial, pengungsi, bencana industri dan bencana kemanusiaan lainnya.

2. Mensosialisasikan dan mengorganisirkan anggota partai dan masyarakat untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan serta memberikan bantuan kepada korban bencana.

3. Melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan tugas serta membuat laporan kepada kepengurusan partai sesuai dengan tingkatannya dan diumumkan kepada masyarakat luas.

STRATEGI BAGUNA

Strategi BAGUNA sebagai berikut:

1. MENGORGANISIR anggota partai dan masyarakat dalam melakukan misi kemanusiaan.

    a. Membangun sistem kesiapsiagaan yang dapat merespon secara cepat.

    b. Menjalin jaringan kelompok kerja.

    c. Menghimpun potensi bantuan masyarakat.

2. Memberikan IMAGE lansung tentang kepedulian PDI Perjuangan terhadap masyarakat korban bencana.

    a. Membina jaringan kelompok relawan

    b. Mendukung penanggulangan bencana yang ditangani oleh PEMERINTAH.

POSISI BAGUNA KALBAR DALAM PENANGANAN BENCANA

BAGUNA berperan dan berfungsi dalam menjalankan misi kemanusiaan sebagai bagian dari upaya mewujudkan tujuan perjuangan partai.

FUNGSI BAGUNA KALBAR

Fungsi BAGUNA KALBAR sesuai dengan tahapan penanggulangan bencana:

1. Sebelum terjadi bencana

BAGUNA KALBAR meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

2. Selama (saat) terjadi bencana

BAGUNA KALBAR berfungsi melakukan tanggap darurat dan mengurangi penderitaan korban bencana.

3. Setelah bencana

BAGUNA KALBAR berfungsi dalam memediasi pengembalian fungsi sosial korban bencana dan membantu korban memperoleh    fasilitas umum yang lay

BAGUNA KALBAR

Jl. Karimun No.30, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243